Senin, 17 Mei 2010

PELAPISAN SOSIAL


Stratifikasi berasal dari kata stratum, (bentuk tungal) yang bentuk jamaknya strata,artinya pelapisan. Berdasarkan kata ini istilah stratifikasi social mempunyai arti yang sama dengan pelapisan social ,yang dapat diartikan sebagai perbedaanpenduduk atau para warga masyarakatkedalam kelas secara hirarkis (bertingkat ) perwujudan adalah adanya kelas-kelas tinggi dan kelas-kelas yang lebih rendah alam masyarakat.

Pelapisan masyarakat dapat ditemukan dalam masyarakat terdapat sesuatu yang dapat dihargai.sesuatu yang dihargai dapat berupa uang atau benda lain yang bernikai ekonomis,politis,agamis,social maupun cultural. Misalnya tanah,ilmu pengetahuan,kekuasaan,kesalehan ataupun keturunan.

Adanya kelas tinggi dan kelas rendah itu disebabkan oleh masyarakat yang didalamnya terdapat keterseimbangannya atauketimpangan dalam pembagian sesuatu yang dihargai yang kemudian menjadi hak dan kewajiban yang dipikul oleh para warga masyarakat.ada golongan pembagian orang lebih besar da ada orang yang mendapatkan pembagian lebih kecil. Golongan orang yang mendapatkan pembagian lebih besar kemudian mendapatkan kedudukan pelapisan yang lebih tinggi dan golongan yang mendapatkan pembagian lebih kecil menduduki pelapisan yang rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar